Selasa, 21 April 2009

Mei, Disain Dasar MRT Ditandatangani

BERITAJAKARTA.COM — 20-04-2009 18:38
Perkembangan rencana pembangunan mass rapid transit (MRT) di DKI Jakarta terus mengalami kemajuan. Betapa tidak, setelah berhasil meneruskan dana pinjaman tahap pertama/loan agreement I (LA 1) dari Japan International Cooperation Agency (JICA) dalam bentuk hibah, pemerintah pusat juga telah mendatangani dana pinjaman tahap kedua/loan agreement II (LA 2) di Tokyo, Jepang, pada tanggal 31 Maret 2009. Tak hanya itu, untuk mempercepat disain konstruksi, pada bulan Mei mendatang basic engginering design (BED)/disain dasar pembangunan MRT akan segera ditandatangani.

"Alhamdulillah proyek ini sudah bisa dimulai dengan akan adanya penandatanganan kontrak BED pada bulan Mei mendatang," ujar Sarwo Handayani, Asisten Pembangunan dan Lingkungan Hidup Sekdaprov DKI Jakarta, usai melakukan pertemuan rutin dengan pihak-pihak terkait di ruang rapat Barito, Departemen Keuangan RI, Jalan Lapangan Banteng, Sawahbesar, Jakarta Pusat, Senin (20/4).

Sarwo Handayani menuturkan, sejauh ini Pemprov DKI Jakarta terus melakukan komunikasi dan koordinasi dengan seluruh pihak terkait rencana pembangunan MRT ini. Misalnya, Departemen Perhubungan RT dan juga Departemen Keuangan RI. Sehingga, perkembanganya dapat di-update. "Ke depan diperlukan koordinasi yang lebih aktif antar pihak-pihak terkait dengan menyiapkan studi-studi dan bahan-bahan yang diperlukan. Tak hanya itu, strategi komunikasi juga akan lebih intens," katanya.

Pertemuan tersebut, lanjut Sarwo Handayani, akan dilakukan dalam interval empat bulan sekali. Pertemuan teknis antar pihak-pihak terkait ini akan dimulai pada Mei mendatang. "Semoga dengan adanya pertemuan rutin yang intensif, kita dapat berkoordinasi dengan baik," tandas Yani sapaan akrab Sarwo.

Yani menambahkan, Pemprov DKI Jakarta juga akan terus memantau perkembanganya sehingga penyelesaian pembangunan MRT bisa sesuai target yakni beroperasi pada 2016. "Jika bisa lebih cepat tentu akan lebih baik," pungkasnya.

Sebelumnya, Direktur Fungsi Korporasi PT MRT Jakarta, Eddi Santosa, mengatakan, untuk mencapai target tersebut, PT MRT Jakarta akan melakukan terobosan mempercepat operasional MRT melalui akselerasi basic design dan konstruksi. Rencana 90 bulan untuk menyelesaikan MRT dipersingkat sembilan bulan yaitu menjadi 81 bulan. Estimasi awal MRT mulai beroperasi Oktober 2016 menjadi berubah diprediksikan menjadi Januari 2016.

Eddi menerangkan ada empat kegiatan dalam proyek MRT yaitu disain teknis dasar (basic engginering design), proses tender konstruksi, periode pengerjaan konstruksi dan uji coba MRT. Awalnya, waktu yang diberikan disain teknis dasar yaitu 14 bulan dan proses tender konstruksi 12 bulan. Namun dengan percepatan itu, rencana akselerasi kedua kegiatan itu digabungkan menjadi satu yang harus diselesaikan dalam jangka waktu 23 bulan.

“Awalnya kan total 26 bulan untuk kedua kegiatan itu. Sekarang dikurangi tiga bulan,” katanya. Sedangkan untuk periode pengerjaan konstruksi dikurangi tiga bulan, dari estimasi awal 58 bulan menjadi 55 bulan. Begitu juga dengan uji coba MRT pelaksanaannya dikurangi tiga bulan dari estimasi awal 6 bulan menjadi 3 bulan.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, M Tauchid yang turut hadir dalam pertemuan tersebut, mengatakan, pihaknya telah mempersiapkan antisipasi terkait dengan pengerjaan konstruksi proyek ini. Dan sesuai dengan pengerjaan Civil Works (Elevated & Depot) akan dimulai pada 2011-2014 dan Civil Works (Underground) pada 2011-2015. "Otomatis secara umum kita telah mempersiapkan antisipasi terhadap keberadaan lalu-lintas dan jalanan yang dilalui proyek ini mulai dari kawasan Fatmawti sampai kawasan Dukuhatas," jelas Tauchid.

Menurut rencana gambaran pola operasi MRT yang dikeluarkan Dephub, menyebutkan, jalur melintasi Lebakbulus, Blok M, Setiabudi, Dukuhatas dengan panjang 14,3 kilometer. Kecepatan rata-rata yang ditempuh 26 km/jam dengan waktu tempuh 32 menit. Sedangkan kapasitas angkutnya dapat mengangkut 23.000 penumpang atau 400.000 penumpang/hari dengan pangsa pasar 1,6 persen total perjalanan di DKI Jakarta.

Untuk stasiun pemberhentian terdiri dari dua kategori yakni stasiun layang (Lebakbulus-Fatmawati-Cipete Raya-Haji Nawi-Blok A-Blok M-Sisingamangaraja-Senayan), serta stasiun bawah tanah (Istora-Bendunganhilir-Setiabudi-Dukuhatas) dan Depo di atas Terminal Lebakbulus.

1 komentar:

  1. Hari yang baik untuk semua warga negara Indonesia, nama saya Nurul Yudianto, tolong, saya ingin berbagi kesaksian hidup saya yang sebenarnya di sini di platform ini sehingga semua warga negara Indonesia berhati-hati dengan pemberi pinjaman pinjaman di internet

    Setelah beberapa waktu berusaha mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan, dan terus ditolak, saya memutuskan untuk mengajukan pinjaman secara online tetapi saya curang dan kehilangan Rp18,7 juta, kepada seorang wanita di saudi arabia dan Nigeria.

    Saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman, jadi saya berdiskusi dengan teman saya Nyonya Rika Nadia (rikanadia6@gmail.com) yang kemudian memperkenalkan saya kepada Lady Esther, manajer Cabang dari Access Loan Firm, sehingga teman saya meminta saya untuk mendaftar dari LADY ESTHER, jadi saya Menjerit dituangkan dan dihubungi LADY ESTHER. melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

    Saya mengajukan pinjaman sebesar Rp250 juta dengan suku bunga 2%, sehingga pinjaman disetujui dengan mudah tanpa tekanan dan semua persiapan dilakukan dengan transfer kredit, karena tidak memerlukan jaminan dan jaminan untuk pengalihan pinjaman, saya diberitahu untuk mendapatkan sertifikat perjanjian lisensi untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari satu setengah jam uang pinjaman telah dimasukkan ke dalam rekening bank saya.

    Saya pikir itu adalah lelucon sampai saya menerima panggilan dari bank saya bahwa akun saya telah dikreditkan dengan jumlah Rp250 juta. Saya sangat senang bahwa akhirnya Tuhan telah menjawab doa-doa saya dengan buku pinjaman dengan pinjaman asli saya, yang telah memberi saya keinginan hati saya.

    Semoga Tuhan memberkati LADY ESTHER untuk mewujudkan kehidupan yang adil bagi saya, jadi saya menyarankan siapa pun yang tertarik untuk mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Mrs. LADY ESTHER melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) atas pinjaman Anda

    Akhirnya saya ingin berterima kasih kepada Anda semua karena meluangkan waktu untuk membaca kesaksian hidup saya yang sebenarnya tentang kesuksesan saya dan saya berdoa kepada Tuhan untuk melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda. Anda dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut melalui email saya: (nurulyudianto2@gmail.com) Salam

    BalasHapus